Apa Itu Rasio Keuangan?

Seringkali, pos-pos di dalam laporan keuangan tidak bisa berbicara sendiri-sendiri. Sebagai contoh, kita bisa mengetahui berapa laba bersih dari perusahaan. Akan tetapi untuk mengetahui seberapa besar penjualan yang diperlukan untuk memperoleh laba bersih tersebut kita harus membandingkan laba bersih dengan penjualan.

Perbandingan antar pos-pos di dalam laporan keuangan disebut dengan rasio. Ada kalanya rasio adalah perbandingan antara pos-pos di dalam jenis laporan keuangan yang sama. Sebagai contoh, profit margin adalah perbandingan antara laba bersih dengan penjualan di mana kedua pos tersebut berada di dalam laporan laba rugi. Tidak tertutup kemungkinan pula suatu rasio terdiri atas pos-pos yang berasal dari jenis laporan keuangan yang berbeda. Sebagai contoh, ROE (Return on Equity) didapatkan dengan membandingkan laba bersih (di laporan laba rugi) dengan ekuitas (di neraca).

Dengan menggunakan rasio, kita bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas dan komprehensif terhadap kinerja dari suatu perusahaan.